Rabu, 06 April 2011

Cara Penularan dan Pencegahan Penyakit Kelamin

Jenis-Jenis Penyakit Seksual
Daftar jenis penyakit seksual saat ini sangat banyak jumlahnya. Yang ditulis dibawah ini adalah beberapa diantara jenis penyakit Seksual yang dikenal atau sering terjadi di masyarakat/lingkungan kehidupan kita. Beberapa penyakit seksual tersebut antara lain:

GO (Gonore/gonorhoea)
Gonore, beberapa puluh tahun yang lalu dikenal dengan sebutan penyakit kencing nanah, penyakit ini banyak ditemukan di tengah masyarakat, akan tetapi saat sekarang penyakit ini lebih sering disebut penyakit gonore. Penyakit gonore mulai dikenal sejak tahun 1957, dan mencapai puncaknya pada tahun 1975; terutama menyerang kaum dewasa muda usia 15 – 24 tahun. Gonore merupakan jenis penyakit kelamin yang paling sering ditemukan dibandingkan dengan penyakit lainnya. Di Amerika Serikat, setiap tahunnya diperkirakan terdapat 1 juta penderita penyakit Gonore.
Akibat dari prilaku seksual yang bermcam-macam, maka jenis penyakit yang ditimbulkan juga dapat berlainan; misalnya radang poros usus (infeksi protitis) akan dialami oleh orang yang suka melakukan hubungan seksual dengan pola anak sek. Sedang pola hubungan oral sek akan menimbulkan terjadinya infeksi pada rongga mulut, dan tekak (faringitis).
Penyakit gonore disebabkan oleh kuman Naisseria gonorrhoea, yang disebut juga gonokokus. Neisseria gonorrhoea adalah kuman atau bakteri yang khas yakni suatu bakteri yang menyerang pada organ genitalia manusia. Di alam bebas bakteri ini tidak dapat hidup lama, pada lingkungan suhu 39 derajat celcius atau terkena desinfeksi bakteri Neisseria gonorrhoea akan mati. Perlu untuk diketahui, bahwa penyakit gonore/kencing nanah selain ditularkan dengan cara hubungan seksual, juga dapat ditularkan melalui barang perantara yang sudah dipakai oleh penderita, misalnya pakaian dalam, handuk dan lain sebagainya.
Sifilis (Lues Venerea)
Dari bermacam-macam penyakit hubungan seksual, sifilis merupakan salah satu penyakit yang sukar dikenal gejalanya. Nama lain dari penyakit sifilis adalah penyakit raja singa. Penyakit ini banyak sekali membawa malapetaka, bukan saja pada penderita sendiri tetapi juga pada orang lain. Seorang laki-laki yang menderita penyakit sifilis kelak akan menularkan penyakit tersebut kepada istrinya, begitu juga sebaliknya. Dan kelak apabila mempunyai keturunan maka anak tersebut akan lahir dengan penyakit sifilis. Anak yang mengidap penyakit sifilis karena bawaan dari orang tuanya pada umumnya akan meninggal, kalaupun dia mempu bertahan hidup mereka akan mengalami kecacatan fisik maupun mental.
Penyakit sifilis disebabkan oleh bekteri kuman Treponema pallidum/spirochaeta pallida.
AIDS (Acquire Immune Deficiency Syndrome)
AIDS adalah suatu penyakit yang dewasa ini paling ditakuti; penyakit ini dapat mengakibatkan penurunan daya tahan/kekebalan tubuh dari serangan kuman penyakit. Penyakit AIDS ditularkan ke orang lain melalui beberapa jalan antara lain ; jarum suntik yang tidak seteril, transfusi darah, melalui plasenta dari ibu yang mengidap AIDS kepada janin yang dikandungnya, akan tetapi hampir 90 % AIDS ditularkan melalui kontak seksual dengan orang-orang yang gemar berganti-ganti pasangan dengan orang yang terbukti secara klinis telah tertular/mengidap HIV, yang meresahkan dari penyakit ini adalah karena seseorang yang terkena virus HIV, masih diperlukan waktu yang cukup lama, baru diketahui bahwa ia telah tertular atau positif  mengidap AIDS.
Sementara itu, jika pada masa tersebut seseorang melakukan prilaku sek bebas maka dia akan menyebarkan virus HIV kepada orang lain tanpa disadarinya. Oleh karena itu apabila tidak diupayakan pencegahannya secara intensif maka dalam waktu yang relatif singkat penyebaran AIDS akan meningkat berlipat-lipat ganda dari yang tercatat. Saat ini telah diketemukan puluhan juta orang positif mengidap AIDS, sementara itu diperkirakan telah mencapai ratusan juta penduduk dunia yang terinfeksi HIV.
AIDS disebabkan oleh virus HIV (Human Immune Deviciency Virus). Yang mana virus ini 90 % ditularkan melalui hubungan seksual. Meskipun penyakit ini secara spesifik bukan penyakit seksual, artinya penyakit menular pada orang lain hanya karena adanya hubungan sek. Akan tetapi, karena penularan penyakit ini diperkirakan90% melalui hungan sek yang menyimpang, maka bisa dikatakan hubungan seksual sebagai prefalensi dari penyebaran AIDS.

Silahkan Download File *PDF untuk mengetahuai cara mengindari dan peyebabnya secara jelas | Cara Penularan dan Pencegahan Penyakit Kelamin | Oke

Title Post: Cara Penularan dan Pencegahan Penyakit Kelamin
Dedi Mukhlas - Facebook | Twitter | Website
INFO CALL ONLY: 085730130718 | PIN: 7978102F




Kategori Artikel Terkait Lainnya