Jajanan Lebaran yang Hilang

Lebaran pada beberapa waktu yang lalu menyadarkan saya bahwa ada beberapa jajanan khas lebaran yang sudah jarang ditemukan lagi. Ada banyak faktor yang menjadikan jajanan tersebut sudah jarang ditemui atau bahkan sudah hilang. Memang sunguh disayangkan kue atau jajanan yang seharusnya ada setiap tahun kini hilang. Apa saja faktor yang menyebabkan jajanan tersebut jarang ditemui , berikut ulasannya versi Kotepoke:

  1. Keciput
    Ada yang belum perna dengar tentang jajanan tersebut?? Iya keciput atau yang sering dikenal dengan onde-onde kecil ini adalah sejenis jajan yang sama seperti onde-onde namun kecil. Berbentuk seperti bola, dan memiliki biji wijen di sekitarnya. Kue ini sudah jarang saya temukan di daerah saya, namun di Blitar tepatnya di desa Slorok, jajanan tersebut masih ada. Faktor yang menjadikan jajanan ini sulit ditemukan adalah karena hiasan wijennya yang harus ditempelkan pada kue yang kecil-kecil. He..he..
  2. Aneka Jenang
    Kue yang terbuat dari tepung trigu tersebut kini sudah jarang ditemukan, aneka jajanan jenang seperti jenang salak, madu mongso, dan jenang lainnya kini sulit ditemukan. Hal ini tidak lain adalah karena proses pembuatan jenang yang cukup lama dan ribet, sehingga jarang orang membuat jenang ketika lebaran. Padahal banyak orang kota yang mencari jajanan tersebut ketika sedang pulang kampung.
  3. Kacang Asin
    Kacang yang satu ini juga mulai jarang ditemukan disekitar rumah tetangga, padahal dulu ketika saya kecil jajanan kacang ini sangat sering ditaruh saku oleh anak-anak. Entah apa yang menjadikan jajanan kacang ini mulai jarang ditemukan mungkin karena harga yang mahal pada kacang menjadikan orang enggan untuk menbuat kacang asin, kemudian proses pengorengan yang lumayan sulit, karena menjaga keutuhan kacang agar tetap bulat.
  4. Jajan Plenter
    Jajan yang terbuat dari tepung terigu dan berbentuk seperti salah satu sayuran, yang saya agak lupa namanya apa, he...he... Jajanan ini dulu sering disugukan ketika lebaran, namun sekarang jarang karena sulit melintirnya. Ha..ha..
  5. Kue Agar-Agar
    Kue yang terbuat dari agar-agar ini juga mulai jarang ditemukan, padahal dulu waktu lebaran jajanan ini yang selalu menjadi incaran saya dalam main kerumah tetangga. Kalau menurut saya jajanan ini jarang karena orang tidak mau ribet dan mencari instan.

Semoga pada tahun depan jajanan lebaran ini bisa hadir ditengah keluarga kita, karena jajanan masa kecil ini akan jarang dan sulit kita temukan ketika kita sudah beranjak dewasa.

Share on Google Plus

About Dedi Mukhlas

Penulis adalah Seorang Mahasiswa Teknologi Pendidikan (TEP) Universitas Negeri Malang Angkatan 2009. Kecintaan akan dunia Pendidikan dan Teknologi sering menjadi Inspirasi artikel-artikel dari Penulis. Anda bisa berbagi ilmu pengetahuan dengan penulis pada no: 085730130718 | 7978102F
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 Komentar:

Poskan Komentar