Sumbangan Google untuk Proyek Tenaga Surya

Siapa yang tidak kenal dengan google? Mesin pencari no. 1 dunia tersebut ternyata juga memiliki kepedulian terhadap krisis energi yang saat ini dialami oleh dunia. Salah satu kepedulian google ditunjukan pada proyek tenaga surya, tak tangung-tangung Jutaan Dollar disumbangkan untuk mendanai proyek tersebut.

Google mengumumkan investasi besar dalam sebuah proyek yang mendukung kampanye "clean energy". Proyek tersebut diberi nama "4 Solar Photivoltaic (PV)". Investasi ini menambah portfolio perusahaan terhadap proyek ramah lingkungan yang dimiliki Google, yang nilai totalnya hampir menyentuh angka 1 miliar dollas AS.

Investasi 94 juta dollar AS adalah dana tahap pertama yang diberikan Google untuk menghasilkan energi ke dalam grid Amerika Serikat. Proyek-proyek sebelumnya telah membawa 10 ribu pemilik rumah melakukan instalasi untuk pemanfaatan tenaga surya. "Kami percaya investasi dalam sektor energi terbarukan merupakan bisnis yang masuk akal dan berharap proyek-proyek energi bersih terus menarik sumber-sumber modal baru untuk membantu menggerakkan dunia menuju masa depan dengan energi yang berkelanjutan," tulis Axel Martinez, Assistent Treasure of Google Treasury, yang menulis di posting blog Google.

Sebelumnya Google juga telah menginvestasikan lebih dari 880 juta dollar AS tahun 2011 di berbagai proyek energi terbarukan, termasuk angin, matahari, dan solusi transmisi. Untuk proyek Solar PV, Google bekerja sama dengan perusahaan investasi global yakni KKR dan pengembang energi surya, yakni Recurrent Energy.

Selain Google, SunTap Energy, yang merupakan joint venture milik KKR, akan fokus kepada proyek tenaga surya Amerika Serikat, yang akan berkontribusi terhadap investasi pertama perusahaan Amerika Serikat.

Sumber: Kompas.Com
Share on Google Plus

About Dedi Mukhlas

KOTEPOKE.ORG atau kepanjangan dari Komunitas Mahasiswa Teknologi Pendidikan Oke adalah sebuah situs yang dibuat untuk atas dasar kecintaan penulis pada Kuliah di Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 Komentar:

Poskan Komentar