Teknologi Media Pembelajaran

Teknologi Media Pembelajaran - Kuliah di jurusan Teknologi Media Pembelajaran atau TEP, memang menjadi hal yang menarik untuk mahasiswa jurusan TEP, khususnya di kampus UM. Teknologi Media Pembelajaran saat ini masih jarang di kenal oleh masyarakat, hal ini terwujud ketika kita di tanya oleh masyarakat menggenai Teknologi Media Pembelajaran itu apa? Pasti ada banyak masyarakat yang belum mengetahui TP/TEP.

Teknologi Media Pembelajaran

Teknologi Media Pembelajaran masih di pandang hal yang tidak terlalu penting di dunia pendidikan. Banyak yang mendifenisikan bahwa Teknologi Media Pembelajaran adalah komputer dan dunia digital. Teknologi Media Pembelajaran sebenarnya bukan hanya terletak pada dunia digital, namun juga pada media nyata seperti buku, kertas, majala, dan media belajar lainnya.

Istilah Teknologi Media Pembelajaran

Istilah teknologi pembelajaran (Instructional Technology) sering digunakan secara bergantian dengan istilah teknologi pendidikan (Educational Technology). Penggunaan secara bergantian tersebut sebenarnya kurang tepat jika didasarkan atas alasan bahwa “pembela- jaran” merupakan bagian atau “sub-set” dari “pendidikan”. Perkembangan dewasa ini menun- jukkan bahwa istilah “teknologi pembelajaran” lebih banyak secara luas oleh kalangan profesi yang bergerak di bidang tersebut. Menurut Seel & Richey (1994 : 3) hal ini didasarkan atas alasan: (1) Teknologi pembelajaran lebih dapat mendeskripsikan secara tepat fungsi teknologi dalam pendidikan; (2) Teknologi pembelajaran lebih menunjukkan penekanan pada masalah belajar dan mengajar.

Konsep Teknologi Media Pembelajaran

Konsep teknologi pembelajaran dapat dilihat pada definisi bidang teknologi pendidikan/pembelajaran ini. Pada awal pertumbuhannya, Teknologi Pembelajaran dipandang sebagai media. “Early definitions of the field of instructional technology focused on instructional media: the physical means via which instruction is presented to learner” (Reiser & Dempsey, 2002 : 7; Anglin, 1991 : 14).

Definisi Teknologi Media Pembelajaran

Menurut definisi tahun 1977, Teknologi Pembelajaran dipandang sebagai teori, bidang garapan, dan profesi yang berusaha membantu proses belajar melalui upaya pemecahan masalah-masalah belajar dengan jalan memanfaatkan sumber belajar atau komponen sistem pembelajaran melalui fungsi pengembangan dan pengelolaan baik pengelolaan organisasi maupun pengelolaan personel. Dengan dirumuskannya definisi Teknologi Pembelajaran tahun 1994 oleh AECT, maka definisi Teknologi Pembelajaran tahun 1977 menjadi kurang populer lagi.

Analisis Media Pembelajaran

Jika dianalisis secara mendalam, komponen definisi Teknologi Pembelajaran menurut AECT 1994 terdiri dari: (1) teori dan praktik; (2) desain, pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan evaluasi; (3) proses dan sumber; (4) belajar. Misi utama Teknologi Pembelajaran adalah membantu, memicu dan memacu, proses belajar, serta memberikan kemudahan atau fasilitas belajar. Tercapainya tujuan belajar berupa berubahnya pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara relatif tetap yang diakibatkan oleh pengalaman, bukan karena kedewasaan merupakan kriteria pokok keberhasilan pembelajaran. Pemberian fasilitas belajar tersebut dilaksanakan dengan jalan mendesain, mengembangkan, memanfaatkan, mengelola, dan mengevaluasi proses dan sumber untuk belajar.

Proses yang dimaksud dalam Teknologi Pembelajaran adalah proses desain dan proses penyampaian pembelajaran. Suatu proses mencakup tata urutan yang terdiri dari masukan, tindakan, dan keluaran. Contoh proses misalnya sistem penyampaian, seperti konferensi jarak jauh, berbagai cara penyampaian pengajaran seperti sistem belajar mandiri, sistem kontrak, dsb. Model pembelajaran seperti model induktif dan deduktif, model pengembangan pembelajaran seperti model pengembangan desain sistem pembelajaran merupakan contoh lain dari proses. Proses dapat bersifat prosedural dan non-prosedural.


Inspirasi: Google | Tag: definisi, pengertian, media, teknologi
Share on Google Plus

About Dedi Mukhlas

Penulis adalah Seorang Mahasiswa Teknologi Pendidikan (TEP) Universitas Negeri Malang Angkatan 2009. Kecintaan akan dunia Pendidikan dan Teknologi sering menjadi Inspirasi artikel-artikel dari Penulis. Anda bisa berbagi ilmu pengetahuan dengan penulis pada no: 085730130718 | 7978102F
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 Komentar:

Poskan Komentar